Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Cara Mudah Screenshot Panjang Di Semua Android

Disaat kita menemukan suatu artikel yang menarik di internet, Sebagian orang pasti ingin menyimpan atau membagikanya dengan teman atau keluarga. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan Share tautan sebuah halaman atau melakukan Screenshot agar bisa dibaca secara offline pada tampilan artikel tersebut.

Ini akan sedikit menjadi masalah jika Artikel yang ingin Anda baca tersebut artikel yang cukup panjang. Anda perlu melakukan Screenshot dengan jumlah banyak hanya untuk satu artikel saja, inilah beberapa contoh masalah/kekurangan yang mungkin timbul jika Anda menggunakan cara lama yang sering Anda lakukan :

Terlalu Banyak File Images Hasil Screenshot

Anda akan mengalami kesulitan di saat ingin menata file-file tersebut. Memang Anda bisa mengelompokan dengan folder khusus dengan judul artikel tersebut, jadi satu folder untuk satu judul artikel. Itu tidak akan masalah jika Artikel yang ingin Anda simpan hanya satu atau dua artikel saja, tapi bagaimana jika artikel yang ingin Anda simpan dalam jumlah yang banyak? Anda akan mengalami kesulitan saat ingin mencarinya kembali suatu saat nanti.

Urutan Yang Mungkin Tidak Rapi.

Masalah ini akan muncul saat Anda ingin mulai membaca artikel yang baru Anda simpan dalam bentuk file images tersebut. Pengelompokan atau Urutan yang sering ada di Android adalah berdasarkan Nama dan tanggal, jadi cara yang paling mudah dan bisa Anda lakukan adalah mengganti Nama dengan urutan nomer dari 1-10 (misalkan). Tapi masalah yang sama muncul, itu mudah jika hanya 1 atau 2 artikel saja.

Baca juga:

Bagian Yang Mungkin Hilang.

Kemungkinan file terhapus itu mungkin saja terjadi, cukup 1 file saja yang hilang maka Anda akan dibuat pusing olehnya, apalagi itu salah satu bagian yang penting dari sebuah Artikel.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan Screenshot Panjang hanya dalam 1 penangkapan. Bagi Anda pengguna Laptop/pc pasti sudah tidak asing dengan cara ini, cara ini juga bisa dilakukan di Smartphone Android. Ada beberapa vendor Smartphone Android yang menawarkan fitur ini secara default, sebagai contoh Xiaomi dan Sony. Tapi sayangnya fitur tersebut hanya terdapat di Smartphone keluaran terbaru.

Tapi bagi Anda yang Smartphone belum tersedia fitur ini, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan tetap bisa melakukannya.

Screenshot Panjang Di Semua Android

Pada kesempatan kali ini terdiri dari 3 tutorial

  • Screenshot halaman Website.
  • Screenshot Non Website
  • Collage Images

Jadi langsung kita mulai dari cara yang pertama, Silahkan Download Aplikasinya disini.

Screenshot halaman Website

  • Pertama pastikan Anda sudah mengCopy URL halaman yang ingin di Screenshot terlebih dahulu. Untuk kesempatan kali ini saya mengcopy Salah satu Postingan di SitusIt.com dengan Judul Lakukan 8 Trick ini untuk memperkuat Keamanan WhatsApp.
  • Silahkan masuk ke Aplikasi LongShot dan Pilih Capture Web Page, Pilih Iconnya bukan di Tulisanya.

  • Kemudian Pastekan URL website yang sudah Anda copy tadi di addreas bar.

  • Kemudian pilih Set Start Position dengan memperhatikan Batas bagian Atas.
  • Kemudian Pilih Ends Here And Capture dengan memperhatikan batas bagian Bawah.

Tunggu beberapa saat proses selesai

Catatan: Loading dipengaruhi ukuran gambar yang ingin kita buat.

  • Jika berhasil maka akan muncul seperti ini, dengan Resolusi Images original 480×10596 px berukuran 1,10MB dan Berformat PNG.

Screenshot Bukan Website

Untuk cara yang ini bisa Anda gunakan untuk melakukan Screenshot panjang pada sebuah Aplikasi seperti Whatsapp, BBM ataupun Line.

  • Masuk ke Aplikasi Longshot dan pilih Capture Screenshot di icon, maka akan muncul tombol Capture, Navigasi dan Done.
  • Kemudian silahkan masuk ke Aplikasi yang ingin Anda ScreenShot secara panjang, Kali ini saya akan Screenshot Chat group Whatsapp.
  • Kemudian silahkan pilih Capture dengan memperhatikan Batas Atas, Scroll kebawah dan Capture sampai batas yang ingin anda butuhkan. jika dirasa cukup silahkan pilih Done.

  • Kemudian silahkan Pilih Configure untuk mengatur urutan Secara Auto/Manual dan Posisi gambar secara Vertikal atau Horizontal, sesuaikan dengan keinginan Anda Kemudian Pilih OK.

Baca Juga: Cara Menggandakan Aplikasi Dengan Lucky Patcher

  • Kemudian silahkan pilih Join. Kemudian pilih Adjust untuk menyesuaikan gambar.
  • Anda bisa menyesuaikan Gambar dengan tombol yang disediakan atau mengaturnya secara manual dengan cara klik tahan pada gambar dan mulai menggeser gambar tersebut.

Jika dirasa cukup silahkan pilih done dan Save.

Baca juga : Download Foto atau Video Instagram Sekaligus

 

Colage Picture

Di cara yang ketiga bisa Anda gunakan untuk Menggabungkan File images hasil Screenshot yang pernah anda lakukan dulu atau menggambungkan beberapa Foto Anda menjadi satu, dengan catatan resolusi foto harus Sama.

  • Silahkan Masuk ke Aplikasi LongShot dan Pilih Select Images.
  • Pilih images/foto dari folder penyimpanan Smartphone Anda dengan jumlah maksimal 64 Foto kemudian pilih Done.

  • Untuk tutorial selanjutnya, Sama dengan tutorial yang kedua. Yaitu pilih Configure >join >sesuakikan >done dan Save.

Demikianlah Cara Mudah Screenshot Panjang di semua Android, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


%d blogger menyukai ini: